Mengatasi Obesitas pada Anak Melalui Peran Keluarga

Keluarga merupakan lingkungan dan media pembelajaran pertama bagi buah hati. Oleh karena itu, jika Anda ingin si kecil tumbuh menjadi sosok yang baik, maka berikan contoh yang baik lebih dulu. Sebab, peran keluarga sangat menentukan kepribadian, sikap bahkan kebiasaan anak.

Melalui keluarga jugalah si kecil akan belajar menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya saja, jika Anda merupakan ibu yang rajin berolahraga, maka secara tak langsung buah hati juga akan ikut aktif melakukan aktivitas fisik. Selain itu, ini juga membuat si kecil jadi lebih sehat dan memiliki pola makan lebih teratur.

Kondisi semacam ini juga merupakan salah satu cara mencegah terjadinya obesitas pada anak. Buang jauh-jauh anggapan bahwa anak kecil yang bertubuh gemuk itu menggemaskan. Eits, justru Anda harus menjaga agar buah hati Anda memiliki berat badan ideal semenjak kecil lho.

Menurut Truls Ostbye, M.D., PhD, seorang profesor dalam bidang kesehatan keluarga mengungkapkan bahwa obesitas pada anak merupakan sebuah fenomena yang tergolong rumit. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi keadaan ini, salah satunya adalah kondisi biologis dan kebiasaan penderita tersebut.

Anda bisa mencegahnya dengan menjaga asupana makanan si kecil, Moms. Ajaklah ia membiasakan mengonsumsi hidangan bernutrisi serta melakukan olahraga secara teratur sejak dini. Kebiasaan seperti inilah yang akhirnya terus ia lakukan hingga nanti beranjak dewasa.

Semoga bermanfaat ya bunda! 🙂

sumber : http://www.molto.co.id/

blog