7 Tips Agar Anak Terbiasa Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah  sarat nutrisi amat baik bagi kesehatan. Namun menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua yang ingin menyajikannya bagi buah hati.

Sebagian orang tua merasa sangat sulit membuat anak makan sayur. Bila sayur sudah menjadi salah satu musuh anak, jangan putus asa. Ada beberapa ide inovatif agar anak makan sayur. Ini dia tujuh diantaranya, seperti dimuat Parenting.

1. Makan bersama mereka.

Terdengar sederhana namun sangat manjur. Bila Anak sering melihat orang tuanya makan dengan sayuran dan makanan sehat lainnya, hal itu akan menjadi contoh yang baik buat mereka. Dan biasanya mereka akan mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya.
Bisa jadi, dalam hitungan detik tangan balita mungil Anda akan segera meraih piring dan ikut menikmati sayuran.

2. Sembunyikan sayur dalam makanan lain

Modifikasi beberapa makanan favorit buah hati dengan mencampurnya dengan berbagai sayur, misalnya dijadikan bala-bala (bakwan), atau dijadikan makanan lainnya yang mana buah hati Anda menyukainya, Atau buatlah brownies kesukaannya dengan campuran bayam. Semakin kreatif membuat makanan yang mengandung sayuran dan buah, kebutuhan nutrisi anak akan terpenuhi.

3. Lembutkan sayuran

Meski manfaatnya bagi kesehatan sangat penting, sulit memaksa balita dan anak makan sawi atau kangkung. Bila demikian, cobalah lembutkan sayuran dan campurkan dengan makan mereka seperti kue, bubur atau agar-agar agar anak mau mencobanya.

4. Berikan nama lucu bagi sayuran

Anak akan sulit menyentuh makanan bila diberitahu kacang hijau. Coba ganti wortel dengan sebutan wortel sinar -X atau kacang hijau ganti dengan nama telur dinosaurus misalnya, agar menarik perhatiannya. Boleh juga berikan nama sayuran sesuai nama idola mereka.

5. Taburi dengan keju

Jika anak menyukai keju, pakai strategi ini agar mereka makan sayuran. Sembunyikan bayam dalam lasagna dan brokoli dalam burger keju.

6. Tunggu sampai mereka lapar

Agar anak dapat menikmati sayuran, buatlah sayuran menjadi makanan pembuka, bukan penutup saat anak lapar. Anak akan lebih mudah mencoba makanan dari sayuran saat lapar daripada ketika perut mereka penuh.

7. Sajikan sebagai cemilan

Siapa anak yang tak suka mengemil? Ide ini lebih baik daripada memberi anak sayuran saat waktu makan.

Saat belajar berjalan atau asyik bermain, sediakan semangkuk kecil potongan wortel dan apel, buah atau sayur lain. Kerap tanpa disadari buah hati Anda telah memasukkan  buah dan sayuran penting tanpa diperintah saat waktunya makan besar.

Selamat mencoba!

Sumber: VivaNews

blog