Tips Memilih Pakaian Anak yang Aman dan Nyaman

Pilih baju anak yang bisa menjaga tubuh anak tetap hangat, tidak terlalu banyak / tebal dan juga tidak terlalu sedikit / tipis, sesuai dengan cuaca dan daya tahan anak. Pakaian yang terlalu sedikit pada saat cuaca dingin akan membuat anak lebih rentan terserang penyakit radang saluran pernafasan dan penyakit lainnya yang menular lewat saluran pernafasan. Sebaliknya, pakaian yang terlalu tebal / banyak juga merupakan sumber penyakit.

Lebih jauh, pakaian anak (terutama model pakaian anak laki-laki) haruslah tidak membatasi gerakan badan maupun tangan dan kaki, begitu juga tidak ada tekanan yang bisa melukai bagian dada dan pinggang. Seluruh ototnya harus bebas bergerak untuk menstimulasi pertumbuhan dan aktifitas, yang pada akhirnya menjamin keteraturan dan efektifitas berbagai fungsi otot-otot tersebut.

Bahan yang aman dan nyaman untuk pakaian Anak

Bahan pakaian terbaik untuk anak anda adalah bahan katun atau wol. Kain sintetik menimbulkan iritasi pada kulit dan juga cenderung menimbulkan alergi dibandingkan kain alami karena proses pembuatan kain sintetik yang mempergunakan bahan-bahan kimia untuk mempercepat produksi dan menghemat biaya. Membuat kain dari bahan alami membutuhkan proses yang lebih lama dan bahan kimia yang lebih sedikit, karenanya harganya juga relatif lebih mahal. Namun faktor kesehatan anak anda sudah cukup untuk menjadi alasan bagi anda memilih bahan yang alami seperti katun atau wol.

Selanjutnya, kombinasi yang tepat dalam memilih baju bayi / anak adalah pakaian dari bahan alami yang dicelupkan secara hati-hati ke dalam pewarna dengan warna-warna cerah. Anak-anak senang merespon warna-warna terang sebagai bentuk stimulus visual, karenanya mereka umumnya akan suka memakai pakaian berwarna cerah.

Memilih ukuran baju bayi/anak

Terlepas dari faktor lainnya, anda harus memastikan pakaian anak anda memiliki ukuran yang tepat. Memilih pakaian bayi/anak yang terlalu longgar maka pakaian tersebut akan kehilangan unsur menghangatkan. Memilih baju bayi yang terlalu ketat maka bayi anda akan merasa tidak nyaman dan sejalan dengan pertumbuhan bayi anda bulan ke bulan, anda akan harus mengganti bajunya dengan yang baru lebih sering pada saat bajunya mulai kekecilan. Karenanya, pilihan terbaik adalah yang tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Sebagai tambahan, pada usia awal anak, akan menguntungkan jika anda bisa memperoleh pakaian bayi bekas dari anak yang lebih tua. Asalkan bajunya masih bagus dan bersih, pakaian bekas tidak membahayakan kesehatan anak, dan dengan pakaian bekas tersebut, akan lebih mudah bagi anda dalam memperkirakan pakaian seperti apa yang sesuai untuk buah hati anda ketika anda perlu membelinya.

Demikian beberapa tips memilih baju anak dan anak yang aman dan nyaman untuk buah hati anda. Semoga bermanfaat!

blog